Informasi peluang bisnis, usaha, kerja sampingan dan berita menarik lainnya sesuai fakta dijalani.

Kedelai Kurangi Gejala Penyakit Hati

Kedelai Kurangi Gejala Penyakit HatiSudah lama kita mengenal kedelai sebagai salah satu sumber makanan sehat. Baru-baru ini ditemukan bukti bahwa protein kedelai juga bisa mengurangi gejala penyakit hati.




Ilmuwan University of Illinois melaporkan bahwa protein keledai dapat mengurangi akumulasi lemak dan trigeliserida dalam hati yang bisa memicu munculnya penyakit hati, terutama pada orang-orang yang mengalami obesitas. Hal ini karena kedelai mampu mengembalikan sebagian fungsi kunci jalur sinyal organ tersebut.

"Hampir sepertiga orang dewasa di Amerika memiliki penyakit lemak hati, bahkan banyak diantaranya tanpa mengalami gejala-gejala tertentu. Obesitas adalah faktor risiko kunci untuk kondisi seperti ini dan hal ini bisa menyebabkan gagal hati," kata Hong Chen, asisten profesor ilmu pangan dan gizi manusia di University of Illinois seperti dilansir dari Health24, Rabu (25/4/2012).

Secara umum lemak dimetabolisasi di dalam hati, namun pada orang yang mengalami obesitas, pengangkutan lemak ke jaringan adiposanya bisa melambat sehingga hati menjadi tempat pembuangan kelebihan lemak, katanya.

"Ketika lemak berakumulasi dalam sebuah organ yang tidak seharusnya menyimpan lemak, seperti hati, fungsi vital organnya bisa berubah menjadi berbahaya," tambahnya. Namun mengonsumsi sumber protein kedelai seperti tahu dan yogurt kedelai tampaknya mampu mengurangi beberapa tekanan pada lemak hati, ujarnya.

Chen membandingkan akumulasi lemak dalam hati tikus kurus dan tikus obesitas. Hasilnya, Chen tak menemukan efek diet apapun pada profil hati tikus kurus. Namun tikus obesitas yang diberi makan kedelai menunjukkan pengurangan trigliserida dan akumulasi lemak sebesar 20 persen sehingga Chen percaya bahwa protein kedelai bisa digunakan untuk mengurangi gejala-gejala penyakit lemak hati.

Lebih jauh, peneliti juga menemukan bahwa protein kedelai memulihkan sebagian jalur sinyal protein Wnt sebagai pemain krusial dalam metabolisme lemak.

"Pada penderita obesitas, ada semacam masalah lalu lintas di dalam tubuhnya. Ketika ada lebih banyak lemak yang dapat membuat jalan keluar dari hati, tekanan pada organ itu pun bisa berkurang," ujarnya. 



Semoga Bermanfaat Kedelai Kurangi Gejala Penyakit Hati | health.detik.com


[Pariwara] Mencari usaha Sampingan Paling Produktif klik disini.  

Kedelai Kurangi Gejala Penyakit Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: