Informasi peluang bisnis, usaha, kerja sampingan dan berita menarik lainnya sesuai fakta dijalani.

Melahirkan Kini Jadi Menyenangkan

Melahirkan Kini Jadi MenyenangkanSaat ini sedang booming melahirkan lewat metode water birth yakni proses melahirkan di dalam air. Namun ada salah satu satu cara yang kini bisa ditempuh calon ibu agar persalinan bisa dilalui dengan mengurangi rasa sakit yakniGentle Birth.



Filosofi Gentle Birth patut dipertimbangkan menjadi solusi bagi yang masih merasa takut saat melahirkan. Gentle Birth merupakan konsep persalinan yang tenang dan santun dengan memanfaatkan semua unsur alami. Tenang, karena ibu dalam kondisi rileks dan tidak diburu. Santun, saat ibu diminimalkan rasa sakitnya.
Namun rupanya, konsep ini masih jarang diterapkan pada rumah sakit maupun bidan di Indonesia hingga tak jarang proses persalinan terasa tidak nyaman dan akan mengganggu psikis dari sang ibu melahirkan.
Konsep ini bisa diterapkan, baik itu melahirkan secara normal atau caesar. Lebih tepatnya, mengarah kepada perlakuan kepada ibu hamil dari sebelum melahirkan hingga sesudah melahirkan dan diberikan juga pengarahan bagaimana mengurus bayi saat terlahir ke dunia.
"Konsep Gentle Birth ini hanya ada tiga di Indonesia. Awalnya di Bali, Klaten dan sekarang di Bandung. Sebenarnya kita hanya ingin membuat ibu melahirkan ini nyaman dengan momen berharganya. Dan menjadikan melahirkan ini bukan hal yang perlu ditakutkan tetapi dinikmati dari setiap prosesnya," jelas Direktur Media Galenia Mom and Child Center Aviasti Pratiwi kepada INILAH.COM saat ditemui di Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Kamis (5/4/2012).
Galenia Mom and Child Center merupakan satu-satunya tempat melahirkan di Bandung yang mengusung konsep melahirkan Gentle Birth. Tempat ini memang mengubah paradigma mengenai melahirkan menjadi sesuatu hal menyenangkan.
Berbeda dengan rumah sakit, saat memasuki setiap ruangan, aroma khas rumah sakit sangat tidak terasa. Yang terkesan saat memasuki tempat tersebut justru membuat ibu melahirkan seperti tengah berada di sebuah villa untuk berlibur. Karena setiap kamar di setting hingga menyerupai kamar tidur nyaman dengan seprei warna-warni serta kertas dinding berwarna senada disetiap sudut ruangan.
Dengan mengusung konsep Gentle Birth, ibu melahirkan sangat dibuat nyaman dan tentunya tetap ditangani oleh tim ahli medis. "Konsep personal dan medical touch dari perawat dan ibu melahirkan ini harus ada. Agar ibu merasa nyaman dan aman saat melahirkan," jelasnya.
Metode yang saat ini banyak disukai calon Ibu untuk melahirkan adalah water birth. Bila dibandingkan dengan persalinan secara normal, metode yang baru hadir di Indonesia sejak 2006 ini memang unik serta memiliki banyak kelebihan. Metode ini merupakan persalinan dalam air hangat yang akan membantu si ibu merasakan sensasi relaksasi dan mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat kontraksi saat persalinan.
"Sekarang Water Birth memang lagi dicari sama ibu yang mau melahirkan. Karena bisa mengurangi rasa sakit dan membuat nyaman saat persalinan," tambah Aviasti Pratiwi.
Manfaat Water Birth bagi ibu adalah akan merasa lebih rileks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis, mempermudah proses mengejan sehingga rasa nyeri selama persalinan tidak terlalu dirasakan. Selain itu, juga membantu pembukaan jalan lahir berjalan lebih cepat.
Water Birth bagi bayi mampu menurunkan risiko cedera kepala dan meminimalkan trauma persalinan. "Trauma ini karena bayi itu di dalam kandungan berada di air. Jadi, kalau dia keluarnya melalui air juga, tidak akan kaget. Dan membuat bayi merasa rileks," tambahnya.
Semoga Bermanfaat Melahirkan Kini Jadi Menyenangkan | gayahidup.inilah.com
[Pariwara] Mencari usaha Sampingan Paling Produktif klik disini. 

Melahirkan Kini Jadi Menyenangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: