Informasi peluang bisnis, usaha, kerja sampingan dan berita menarik lainnya sesuai fakta dijalani.

Info UGM Rintis Energi Surya Di Tambak Ikan

Info UGM Rintis Energi Surya Di Tambak IkanTim Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melalui kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) memperkenalkan penggunaan panel surya untuk pemenuhan kebutuhan listrik pada usaha perikanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai langkah awal, mereka membuat kolam percontohan di perusahaan perikanan Sembada Mina Mandiri di Desa Sendangsari, Minggir, Sleman.



Anggota PKM UGM, Igib Prasetyaningsari, menuturkan sejak April lalu mereka memasang sistem penyedia energi listrik di tempat itu dengan menggunakan 10 panel surya berkapasitas 1.000 watt peak. Panel surya yang mereka pasang merupakan bantuan dari Kementerian Riset dan Teknologi.

“Panel itu dimanfaatkan untuk aerasi 10 kolam pembibitan ikan dan udang dan menyuplai energi untuk lampu di sekitar area kolam,” kata Igib, Sabtu lalu. Penggunaan aerator di kolam ikan dimaksudkan untuk menyuplai oksigen, sehingga menambah daya tahan ikan.

Aerator juga menghasilkan pergerakan air yang biasanya disukai oleh ikan. Listrik gratis melalui panel surya diharapkan mengurangi biaya produksi untuk penerangan dan aerasi kolam. Selain membuat kolam percontohan, empat mahasiswa teknik UGM memberikan pelatihan dan pendampingan untuk pengoperasian dan perawatan teknologi sel surya ini.

Ketua Kelompok Budi Daya Ikan Sembada Mina Mandiri, Anwar Hadi, mengaku senang dan berharap, dengan aerator dan penerangan, angka kematian bibit benih ikan dan udang bisa berkurang. Saat ini tingkat kematian ikan dan benih ikan di Sembada Mina Mandiri berkisar 60-90 persen.

“Lampu yang ditempatkan di sekitar area kolam juga mencegah datangnya predator ikan, seperti kelelawar,” kata Anwar. Dari 10 kolam bibit berukuran 1 x 2 meter yang dijadikan percontohan, mampu menghasilkan 2.000-4.000 benih ikan setiap kali panen (dua minggu sekali). Benih ikan seukuran "cupu" itu dijual seharga Rp 100-150 per ekor.

Semoga Bermanfaat Info UGM Rintis Energi Surya Di Tambak Ikan | tempo.co/read/news/2012/05/07/061402052/UGM-Rintis-Energi-Surya-di-Tambak-Ikan

[Pariwara] Mencari usaha Sampingan Paling Produktif klik disini.  

Info UGM Rintis Energi Surya Di Tambak Ikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: