Informasi peluang bisnis, usaha, kerja sampingan dan berita menarik lainnya sesuai fakta dijalani.

Sebab Kondom Gagal Berfungsi Dengan Baik

Sebab Kondom Gagal Berfungsi Dengan Baik Meski termasuk alat konstrasepsi yang efektif serta juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin, nyatanya masih banyak kondom yang gagal berfungsi karena rusak. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan kondom.



Kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling aman. Selain dapat mencegah kehamilan, kondom juga bisa menghindari infeksi menular seksual. Sayangnya, masih banyak kesalahan-kesalahan pemakaian yang dilakukan pria, sehingga dapat merusak fungsi kondom.

Berikut beberapa hal yang dapat merusak kondom, seperti dilansironlymyhealth, Selasa (29/5/2012):

1. Salah cara pakai
Salah satu alasan utama kegagalan kondom adalah penggunaan yang tidak tepat. Penggunaan kondom yang tidak benar misalnya tidak meninggalkan ruang di ujung kondom, tidak membuka gulungan kondom sampai ujung penis atau tidak memegang tepi kondom saat menariknya setelah digunakan. Penting untuk mengikuti instruksi yang dituliskan di sampul kemasan kondom.

2. Kondom kadaluarsa
Setelah tanggal kedaluwarsanya berakhir, kondom lateks akan mulai mengering sehingga menjadi lebih rapuh. Karena lebih kering, fleksibilitas dan kekuatan kondom terus menjadi lebih buruk.

Semakin tua kondom, semakin besar kemungkinan untuk rusak. Bahkan spermisida yang digunakan dalam beberapa kondom menjadi kurang efektif setelah lewat tanggal kedaluwarsa. Hal ini karena zat yang membunuh sperma kehilangan pelumasan dan kehilangan efektivitasnya.

3. Tidak tepat ukuran
Ukuran kondom yang tidak sesuai dengan ukuran kelamin juga bisa membuat kondom rusak atau gagal fungsi.

4. Penggunaan pelumas yang tidak tepat
Jika Anda menggunakan kondom lateks maka pelumas berbasis minyak seperti minyak sayur, vaselin dan minyak bayi dapat melemahkan karet kondom dan membuatnya rusak.

5. Tempat panas dan benda tajam
Jangan menyimpan kondom lateks di dalam dompet, tempat panas atau lembab. Suhu panas dan kemungkinan tertusuk benda tajam dalam meningkatkan kemungkinan kerusakan kondom.


Semoga Bermanfaat Sebab Kondom Gagal Berfungsi Dengan Baik | health.detik.com

Sebab Kondom Gagal Berfungsi Dengan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar: