Informasi peluang bisnis, usaha, kerja sampingan dan berita menarik lainnya sesuai fakta dijalani.

UI Punya Fakultas Farmasi

UI Punya Fakultas FarmasiSelama ini, Departemen Farmasi di Universitas Indonesia (UI) masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Namun setelah 47 tahun, akhirnya kini Departemen Farmasi FMIPA UI berubah menjadi sebuah Fakultas Farmasi.



Kini Universitas Indonesia (UI) memiliki Fakultas Farmasi sebagai Fakultas ke-13. Rektor UI Prof.Dr. der Soz Gumilar Rusliwa Somantri meresmikan Fakultas Farmasi UI disaksikan Menteri Negara BUMN Republik Indonesia Dahlan Iskan, para pimpinan, mahasiswa dan alumni UI, pada Sabtu (12/5/2012) di Balairung UI Kampus Depok.

Perubahan Departemen Farmasi FMIPA UI menjadi Fakultas Farmasi UI tercantum dalam SK MWA No.143A/H2.MWA/OTL.00.00 Pembentukan/2011 tanggal 23 November 2011 dan SK Rektor No.2408A/SK/R/UI/2011 tanggal 29 November 2011.

Perubahan ini terkait dengan pengembangan ilmu farmasi serta didukung dengan adanya tiga rumpun ilmu di UI yaitu Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi dan Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, di mana Fakultas Farmasi masuk ke dalam Rumpun Ilmu Kesehatan.

Perubahan Departemen Farmasi FMIPA UI menjadi sebuah Fakultas Farmasi didukung dengan kesiapan pada berbagai bidang, diantaranya 13 Laboratorium yang berkualitas dan terakreditasi untuk pendidikan dan penelitian, para tenaga pengajar berkompeten di mana 63 persen dosen bergelar Doktor dan tiga Profesor Aktif serta memiliki program pendidikan yang lengkap, yaitu Sarjana (S1), Program Pendidikan Profesi Apoteker, Pascasarjana (S2) dan Doktoral (S3). Selain itu, berdasarkan tracer study, masa tunggu kerja lulusan farmasi UI adalah tidak lebih dari 1 bulan.

"Para mahasiswa yang berkuliah di jurusan Farmasi memiliki masa depan yang sangat baik. Seiring dengan tuntutan masa depan di mana semua orang takut sakit, maka Farmasi memiliki peluang besar menjawab ketakutan masyarakat tersebut. Didukung pula dengan majunya masyarakat Indonesia yang kini semakin menomorsatukan pendidikan dan kesehatan," ujar Dahlan Iskan, dalam sambutannya, seperti rilis yang diterima detikHealth.

Selama 47 tahun Departemen Farmasi UI berdiri, semakin memantapkan kesiapan dan kematangannya menjadi sebuah Fakultas.

Kiprah yang telah dilakukan diantaranya di bidang pendidikan dan penelitian adalah melalui kolaborasi penelitian nasional maupun internasional, pembentukan Pusat Studi Obat Bahan Alam serta bekerjasama dengan berbagai pihak baik dari Ikatan Apoteker Indonesia, Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia, Industri Farmasi, Pemerintah, RS/Apotek, Lembaga Penelitian dan Fakultas/Sekolah Farmasi baik di dalam maupun luar negeri untuk menghasilkan produk yang bermutu dan bermanfaat bagi kesehatan masyarakat serta telah meluluskan 3.132 Apoteker. 

Dengan diresmikannya Farmasi menjadi sebuah Fakultas diharapkan dapat memantapkan langkah Farmasi UI menghadapi persaingan yang semakin selektif dan kompetitif baik di tingkat nasional maupun global serta mampu unggul di bidang pelayanan kesehatan dan kefarmasian maupun sains teknologi.

Selain itu, demi menyongsong era terbentuknya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dan Sistem Jaminan Sosial Nasional agar tercapai taraf kehidupan dan kesehatan bangsa yang lebih baik.

Semoga Bermanfaat UI Punya Fakultas Farmasi | health.detik.com

[Pariwara] Mencari usaha Sampingan Paling Produktif klik disini.  

UI Punya Fakultas Farmasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dani wibawa

0 komentar: